Selasa, 02 Desember 2014

3 Produk Bisnis Berpotensi Cerah Di 2015

3 Produk Bisnis Berpotensi Cerah Di 2015
3 Produk Bisnis Berpotensi Cerah Di 2015
Tahun baru 2015 sebentar lagi akan kita jelang. Sebagian pebisnis mungkin tengah sibuk untuk mengoptimalkan penjualan dengan melakukan diskon besar-besaran, mempersiapkan produk baru untuk menyambut tahun baru dan sebagainya. Bagi yang ingin memulai  bisnis di tahun depan, tiga produk bisnis berpotensi cerah di 2015 ini mungkin bisa menjadi acuan penting bagi Anda.

E-book

3 Produk Bisnis Berpotensi Cerah Di 2015


Membeli buku secara online sudah menjadi tren bagi kalangan penggemar buku di tanah air.  Pada umumnya toko buku online memberikan potongan harga tertentu, sehingga bisa lebih murah dibandingkan harus belanja buku di toko buku konvensional. 

Pilihan belanja buku lainnya adalah dengan membeli e-book atau electronic book. Dengan kehadiran e-book ini sangat membantu bagi para penghobi membaca. Karena lebih praktis dan kerepotan dalam membawa banyak buku. Karena e-book bisa dengan ringkas tersimpan di dalam gadget Anda.

Pangsa pasar e-book yang sangat besar, mendorong perusahaan besar seperti Google juga turut meluncurkan Google Play Book yang bisa diakses melalui application store-nya. Tapi Anda tidak usah khawatir, karena tren e-book di tanah air berkembang sangat pesat. Dengan begitu penjualan e-book hasil karya anak negeri tetap bisa berjaya di Indonesia.

Elektronik

3 Produk Bisnis Berpotensi Cerah Di 2015

Penjualan produk elektronik melalui online mulai digemari masyarakat, karena kemudahan, kepraktisan dan juga harganya lebih miring dibandingkan dengan membelinya di toko elektronik konvensional. Melalui internet Anda bisa memesan laptop, smartphone, TV, tablet, powerbank, AC dan sebagainya. Anda tinggal menekan tombol belanja atau pesan, tuliskan data diri dan alamat pengiriman, serta melakukan pembayaran. Maka barang akan dikirim sesuai alamat yang dicantumkan.

Berdasarkan dari data yang dimiliki Kementrian Perindustrian, pasar berbagai produk elektronik di tanah air mencapai 152,4 triliun di tahun 2014 ini. Nilai tersebut mengalami lonjakan dari tahun 2013 yang hanya membukukan nilai 138,6 triliun saja. Di tahun 2010 angka penjualan mencapai 83 triliun, tahun 2011 mencapai 98,77 triliun, tahun 2012 mencapai 118,5 triliun. Sangat jelas dari tahun ke tahun mengalami lonjakan dari 10% sampai dengan 20% setiap tahunnya.

Sebanyak 80% produk elektronik yang diminati pasar adalah yang harganya tidak melebihi 2 juta rupiah. Pemerintah Indonesia sendiri memiliki target untuk menumbuhkan industri elektronik hingga 10% hingga 4 tahun ke depan. Sekarang ini setidaknya telah terdapat 235 perusahaan yang menghasilkan produk elektronik.

Kerajinan tangan yang khas dan unik

3 Produk Bisnis Berpotensi Cerah Di 2015

Produk kerajinan yang unik atau tidak ditawarkan toko online lainnya mempunyai prospek yang menarik. Hal ini karena banyak konsumen yang berbelanja online hanya sekedar mendapatkan produk yang unik saja. Salah satu produk yang diincar adalah handycraft atau kerajinan buatan tangan yang khas dan unik. Untuk menunjang keinginan ini, banyak juga konsumen yang membelinya dari toko online negara lain.


Transaksi handycraft di tanah air mengalami perkembangan bagus mencapai 4,61% setiap tahunnya selama periode 2009 sampai 2013.  Di tahun 2013 total nilai ekspor produk kerajinan tangan mencapai 559,16 juta USD. 

Produk ekspor yang digemari pasar mancanegara adalah ornamen kayu seperti bentuk patung dengan nilai perdagangan ekspor mencapai 98,9 juta USD (14,79%), barang anyaman mencapai 69,57 juta USD (10,4%), frame kayu mencapai 51,48 juta USD (7,69%) dan kerajinan peralatan rumah tangga mencapai 37,72 juta USD (5,64%). Tujuan ekspor produk ini adalah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Jerman dan Hongkong.

Jadi mau bisnis di bidang apa? Ketahui seluk beluk bisnis tersebut. Kemudian rancanglah rencana bisnis dengan baik dan jalankan proses bisnis tersebut dengan konsisten, disiplin dan tekun. Bagi yang sudah berkecimpung di salah satu bidang di atas bisa mengembangkannya lagi. Salam Sukses untuk Anda.