Rabu, 06 Mei 2015

5 Faktor Penting Menghadapi Google Mobilegeddon

5 Faktor  Penting Menghadapi Google Mobilegeddon

Mobilegeddon merupakan algoritma terbaru dari Google, yang dirilis pada 21 April 2015. Sistem ini mengutamakan website atau  blog yang mobile friendly. Pembenahan  harus segera dilakukan bagi pemilik situs yang belum memenuhi ketentuan tersebut. Web atau blog seperti apa yang disukai oleh Google?


Responsive

Dengan website atau blog responsive, maka akan lebih sesuai dengan berbagai perangkat untuk mengakses internet, seperti desktop, laptop, tablet dan smartphone. Sehingga trafik atau pengunjung bisa datang dari pengguna gadget apapun.


Mobile Fiendly

Template yang responsive harus diterapkan, agar mobile fiendly. Ukuran template harus seminimal mungkin, karena kapasitas mobile terbatas dalam mengakses blog atau web. Sangat disarankan untuk memangkas widget yang relatif berat dan membatasi penerapan jQuerry dan JavaScript.

SEO friendly

Kampanye SEO (Search Engine Optimization) tetap dibutuhkan, baik optimasi SEO off page dan SEO on page. Meskipun web atau blog sudah responsive dan mobile friendly,  teknik SEO tetap harus diterapkan. Sehingga situs tersebut akan lebih mudah ditemukan mesin pencari. Terapkan kata kunci yang relevan, title tag, meta tag, meta keywords, meta description, tag heading dan lain sebagainya. Sehingga struktur template web semakin SEO friendly.

Konten Berkualitas

Agar selalu mudah ditemukan mesin pencari, web atau blog tetap harus memiliki dan meningkatkan jumlah konten berkualitas. Konten atau artikel yang dianggap berkualitas harus unik, menarik dan bermanfaat bagi banyak pengunjung. Selalu memosting konten setiap hari sangat direkomendasikan.


Aktivitas Website Atau Blog

Faktor ini berhubungan dengan berbagai tindakan pengelola web atau blog. Apakah situs tersebut dipakai untuk aktivitas spam atau tidak, menampilkan konten atau artikel plagiat, backlink merugikan, penerapan over SEO dan sebagainya.

Cek apakah web atau blog Anda sudah Mobile Fiendly. Kalau sudah muncul tampilan seperti contoh di bawah ini, berarti sudah mengikuti sistem dari Google Mobilegeddon.

 Pengujian Situs Mobile-Friendly
Hasil Pengujian Situs Mobile-Friendly