Strategi Kalahkan Pesaing Bisnis Secara Sehat |
Semakin banyak pebisnis yang sukses mengelola toko
online, sehingga semakin banyak orang yang terjun ke bidang bisnis online ini.
Produk seperti pakaian, sepatu, tas dan hijab adalah diantara produk yang laris
manis dipasarkan secara online. Sehingga merangsang orang untuk menjual produk
tersebut dan menciptakan persaingan bisnis yang ketat. Agar bisnis Anda tetap
bisa bersaing, apa saja strategi
kalahkan pesaing bisnis secara sehat?
Jangan merusak
reputasi kompetitor
Selalu berinovasi adalah cara yang tepat, agar bisnis
bia selalu eksis menghadapi gempuran produk toko online lainnya. Jangan lupa
dibarengi denga pelayanan yang memuaskan. Anda memang dituntut untuk selalu
memunculkan ide atau gagasan baru dalam menghadirkan produk terbaru.
Jangan pernah menggunakan cara-cara yang tidak sehat
atau terkesan licik. Cara yang keliru itu seperti menjelek-jelekkan reputasi
dari toko online tertentu, mencuri pelanggan dengan cara yang tidak benar dan
membuat kabar tidak benar atau memfitnah kalau toko online tertentu telah
melakukan penipuan tanpa adanya bukit akurat.
Berbagai cara ini hanya akan
menurunkan kredibilitas toko online Anda. Bila konsumen Anda mengetahuinya,
maka berdampak buruk bagi keberlangsungan bisnis.
Strategi
bersaing secara sehat dengan kompetitor
Cara yang paling tepat adalah melakukan tindakan yang
tepat secara sehat. Jadi tidak perlu merugikan reputasi pesaing bisnis Anda. Sejumlah
strategi yang bisa diterapkan adalah menjamin produk selalu tersedia,
memberikan harga jual yang tepat, selalu memberikan layanan terbaik kepada
semua konsumen, menerapkan cara promosi yang unik dan mengatur keuangan dengan
baik.
Ciptakan harga
produk yang paling pas
Bila persaingan yang terjadi berkaitan dengan harga
jualnya, maka pertimbangkan kembali harga jual produk yang diterapkan saat ini.
Anda bisa mencermati harga yang ditetapkan oleh kompetitor, sehingga bisa
menentukan harga yang paling pas bagi target pasar bisnis Anda.
Bisa juga
dengan menggelar promosi berupa potongan harga tertentu dalam periode tertentu.
Sehingga pelanggan setia bisa menikmati harga produk yang lebih murah dan
berkualitas.
Berikan
pelayanan prima kepada semua konsumen
Apabila kalah saingan karena pelayanan bisnis yang
diberikan lebih baik. Maka coba Anda cermati kembali pelayanan yang selama ini
telah diberikan kepada konsumen Anda. Kalau memang menemukan kekurangan segera
diperbaiki, kalau memang sudah baik maka harus terus dijaga dan ditingkatkan. Berikut
ini sejumlah tips penting yang bisa diterapkan dalam melayani konsumen.
-
Selalu menunjukkan sikap bersahabat dengan semua
konsumen, bahkan bagi calon konsumen
-
Jangan pernah membeda-bedakan konsumen, jadi semua
konsumen harus mendapatkan pelayanan serupa, meskipun nilai belanjanya kecil.
-
Selalu mengemas produk dengan rapi, agar meningkatkan
nilai produk
-
Menyediakan layanan antar gratis untuk pemesan di
dalam kota
-
Hanya memberikan informasi yang sebenar-benarnya atas
produk
-
Selalu meminta saran dan kritik pada konsumen atas
pelayanan yang diberikan
Membangun toko
online berkualitas
Jika tampilan toko online dan beragam fitur kemudahan
konsumen menjadi permasalahan utama. Maka segera perbaiki toko online Anda,
agar terlihat lebih nyaman, responsif dan berkualitas. Anda bisa membuat toko
online secara mudah, cepat, murah dan berkualitas.
Referensi terbaik adalah
dengan membuatnya di Jejualan. Jejualan adalah situs terpercaya untuk
mendapatkan toko online berkualitas dengan domain gratis dan harga sangat
bersaing. Anda juga bisa mencobanya secara gratis selama 15 hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar