Sabtu, 15 November 2014

Tips Sebelum Bikin Toko Online Untuk Bisnis Reseller dan Dropship

TIPS Sebelum Bikin Toko Online Untuk Bisnis Reseller dan Dropship
Tips Sebelum Bikin Toko Online Untuk Bisnis Reseller dan Dropship
Memasarkan produk bisa dilakukan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Bisnis online ini dikenal dengan sistem reseller atau dropship. Dengan menjalankan sistem bisnis ini, maka Anda tidak perlu pusing memikirkan produksi produk dan melakukan berbagai inovasinya. 

Fokus Anda adalah lebih pada penjualan produk, sehingga bisa mengambil keuntungan dari selisih harga yang diberikan oleh produsen atau suplier produk. Untuk mendukung proses ini keberadaan toko online profesional sangat dibutuhkan. Apa saja yang harus diperhatikan saat membangun toko online untuk bisnis reseller ?


Pilih suplier atau produsen dengan stok melimpah

Sebagai contoh Anda akan memasarkan produk sepatu wanita melalui toko online. Maka sangat penting untuk diperhatikan model sepatu, inovasi dari desain sepatu, bahan yang digunakan, ketersediaan ukuran sepatu dan harganya. Dengan begitu Anda bisa menakar kualitas dari sepatu yang disediakan oleh produsen tersebut.

ika memang Anda sangat cocok dari segi fisik sepatu dan kualitasnya, maka sangat penting untuk mengetahui kalau produk tersebut memiliki banyak stok. Hal ini sangat penting karena terkadang menjadi kendala dalam menjalankan bisnis reseller atau dropship. 

Tentunya konsumen sangat kecewa kalau ternyata barang yang dipesannya tidak tersedia. Sehingga kredibilitas toko online Anda menjadi buruk, selain itu Anda juga gagal memaksimalkan penjualan dan tentunya keuntungan.

Memiliki layanan yang memuaskan

Sistem bisnis reseller dan dropship memungkinkan produk pesanan pelanggan Anda dikirim langsung dari produsen. Sehingga memotong jalur pengiriman dan menghemat waktu serta biaya pengiriman barang. Untuk itu Anda harus memastikan kalau proses tersebut bisa berlangsung cepat dilakukan oleh pihak suplier. Sehingga pelanggan Anda bisa mendapatkan barang pesanannya dengan cepat dan dalam kondisi baik tanpa adanya kerusakan apapun.

Salah satu poin penting juga adalah produsen selalu menerima pengembalian produk yang mengalami kerusakan baik saat pengemasan atau pengiriman, termasuk retur produk  yang telah Anda beli tapi tidak bisa cepat terjual. 

Sehingga bisa ditukar dengan produk lain yang lebih fast moving atau lebih cepat terjual. Garansi produk juga seharusnya diberikan kepada Anda dan juga pelanggan. Sehingga pelanggan toko online Anda merasa lebih nyaman dan aman berbelanja.

Memberikan keuntungan lebih  besar

Setiap suplier atau produsen memiliki kebijakan tersendiri mengenai harga beli dan harga jual. Ada yang secara khusus memberikan keuntungan dan harga jual tersendiri untuk konsumen. Jadi Anda harus menjual sesuai harga yang ditetapkan oleh produsen, karena Anda telah mendapatkan prosentase tertentu.

Ada pula yang memberikan keleluasaan kepada reseller untuk menaikkan harga jual dari ketentuan suplier. Hal ini bisa terjadi karena suplier tidak memberikan prosentase keuntungan dan bisa juga memberikannya. 

Jadi reseller bisa mendapatkan untung ganda, yakni dari  prosentase dari suplier dan juga mark up harga dari konsumen. Mau pilih yang mana? Tergantung pemilihan Anda, tapi mendapatkan keuntungan ganda dari suplier dan konsumen tentunya sangat menggiurkan.

Membuat toko online yang profesional

Setelah menemukan produsen yang paling pas bagi Anda, langkah selanjutnya adalah segera membangun toko online. Saat ini membuat toko online sangat mudah, praktis, cepat dan murah. Karena menerapkan konsep CMS atau Content Management System yang tidak membutuhkan bahasa pemrograman yang rumit dan tentunya memerlukan keahlian khusus.

Dengan sistem CMS, Anda bisa membangun toko online hanya dalam hitungan beberapa detik saja dengan mengikuti sejumlah langkah mudah. Enaknya lagi Anda bisa memperoleh domain gratis dan trial 15 hari gratis.