Minggu, 19 Januari 2014

Konten Marketing Ampuh Tingkatkan Penjualan

Penulis Konten Web
Konten Marketing Ampuh Tingkatkan Penjualan
Konten marketing merupakan teknik penciptaan dan distribusi konten web yang relevan dengan target pasar. 

Konten tersebut harus menarik minat, relevan, bermanfaat dan menghibur pengunjung website Anda. 

Informasi yang disajikan bisa meningkatkan branding sebuah produk. Tujuan dianggap tercapai bila terdapat penambahan konsumen potensial. Sehingga keuntungan yang Anda dapatkan semakin besar.

Konten marketing sangat berbeda dengan iklan dalam hal penyajiannya. Walaupun keduanya merupakan sama-sama teknik promosi. Konten marketing memberikan konten yang persuasif, sedangkan iklan hanya berfokus dalam menonjolkan produk yang ditawarkan.


Media untuk menjalankan konten marketing

Penerapan konten marketing kian diminati penggelut bisnis. Karena dianggap sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan brand dan penjualan. Setidaknya ada tiga media yang bisa Anda terapkan dalam sebuah teknik konten marketing.

  •     Blog, adalah media yang paling banyak dimanfaatkan dalam konten marketing. Karena sangat mudah dan praktis dalam pemakaiannya. Anda bisa saling berinteraksi dengan pengunjung atau pembaca konten web Anda. Penulisan artikel konten harus menarik, sehingga terbina hubungan dua arah yang saling membutuhkan.

  •     Sosial Media, juga menjadi media interaksi menarik antara Anda dan pembaca. Sosial media yang bisa Anda terapkan untuk konten marketing, diantaranya google plus, twitter dan facebook.

  •      Email, sebagai media konten marketing memang jarang diterapkan di Indonesia, karena dianggap kurang etis dan spam. Padahal di luar negeri media ini sangat digemari dalam konten marketing. Bahkan konten marketer memanfaatkan email berbayar dalam aktivitas tersebur, seperti aweber, mailchamp dan layanan email auto responder lainnya.

Supaya konten marketing lebih diminati

Penerapan konten marketing sangat mudah dijumpai, misalnya di situs berita, Google Alerts, newsletter dan lain sebagainya. Pebisnis tentunya juga ingin menciptakan konten marketing yang tidak hanya menarik, tapi juga digemari oleh banyak orang. Lalu bagaimana cara membuat konten marketing yang diminati masyararakat? Berikut ini beberapa faktor penentu yang bisa Anda terapkan.
Ciptakan desain web yang menarik
Desain yang menarik dipercaya bisa menarik minat seseorang untuk berlama-lama di           website Anda. Kemudian ditunjang dengan penampilan gambar dan penataan artikel           konten yang rapi. Akan membuat kesan mendalam kepada pembaca dan akan kembali         lagi mengunjungi situs Anda. Bahkan juga mereferensikan website Anda kepada orang         lain.
Terapkan konten multimedia
Selain teks media lain yang bisa Anda masukan ke dalam website adalah foto, slideshow dan video. Daya tarik website Anda akan semakin meningkat dengan penerapan banyak media ini.
Jangan terlihat sedang jualan
Penciptaan konten marketing memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi penjualan. Tapi jangan membuat artikel yang sangat agresif dalam menawarkan produk Anda. Buatlah konten yang mengandung nilai edukasi, hiburan dan pemahaman konsumen. Jangan membuat konten yang sangat terlihat, kalau Anda sebenarnya sedang berjualan. Pembaca akan enggan melanjutkan membaca konten tersebut.
Menciptakan interaksi dengan pembaca
Sebuah konten marketing yang sukses, harus melibatkan pembaca. Karenanya mintalah feedback dari pembaca mengenai konten marketing yang telah dibuat. Sehingg saran dari pembaca bisa menyempurnakan konten marketing.
Selipkan link artikel lain
Sematkan link konten menarik lainnya yang berhubungan dengan sebuah konten marketing. Sehingga pembaca akan mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang bahasan konten Anda. Teknik ini sangat berguna dalam pemasaran konten yang akan meningkatkan traffic website atau blog Anda.
Konten mudah dishare kepada pembaca lain
Bila konten Anda dianggap sangat baik, maka akan berimbas pada membludaknya pengunjung situs Anda. Jangan puas hanya di situ, terus tingkatkan lagi dengan menyematkan tombol share. Supaya konten marketing bisa dengan mudah dibagiakan oleh pembaca. 
Tombol share yang bisa Anda sematkan dalam blog, diantaranya Facebook, Twtitter, Google+ dan media sosial lainnya. Cara ini akan memperluas distribusi konten marketing Anda. Tombol like juga bisa Anda sematkan, guna mengundang pembaca potensial mengunjungi situs Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar