Konten Marketing Ampuh Tingkatkan Penjualan |
Konten marketing merupakan teknik penciptaan dan distribusi
konten web yang relevan dengan target pasar.
Konten tersebut harus menarik
minat, relevan, bermanfaat dan menghibur pengunjung website Anda.
Informasi
yang disajikan bisa meningkatkan branding sebuah produk. Tujuan dianggap
tercapai bila terdapat penambahan konsumen potensial. Sehingga keuntungan yang
Anda dapatkan semakin besar.
Konten marketing
sangat berbeda dengan iklan dalam hal penyajiannya. Walaupun keduanya merupakan
sama-sama teknik promosi. Konten marketing memberikan konten yang persuasif,
sedangkan iklan hanya berfokus dalam menonjolkan produk yang ditawarkan.
Media untuk menjalankan konten marketing
Penerapan konten marketing kian diminati penggelut bisnis. Karena dianggap
sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan brand dan penjualan. Setidaknya
ada tiga media yang bisa Anda terapkan dalam sebuah teknik konten marketing.
- Blog, adalah media yang paling banyak dimanfaatkan dalam konten marketing. Karena sangat mudah dan praktis dalam pemakaiannya. Anda bisa saling berinteraksi dengan pengunjung atau pembaca konten web Anda. Penulisan artikel konten harus menarik, sehingga terbina hubungan dua arah yang saling membutuhkan.
- Sosial Media, juga menjadi media interaksi menarik antara Anda dan pembaca. Sosial media yang bisa Anda terapkan untuk konten marketing, diantaranya google plus, twitter dan facebook.
- Email, sebagai media konten marketing memang jarang diterapkan di Indonesia, karena dianggap kurang etis dan spam. Padahal di luar negeri media ini sangat digemari dalam konten marketing. Bahkan konten marketer memanfaatkan email berbayar dalam aktivitas tersebur, seperti aweber, mailchamp dan layanan email auto responder lainnya.
Supaya konten marketing lebih
diminati
Penerapan konten marketing sangat mudah dijumpai, misalnya di situs berita, Google
Alerts, newsletter dan lain sebagainya. Pebisnis tentunya juga ingin
menciptakan konten marketing yang tidak hanya menarik, tapi juga digemari oleh
banyak orang. Lalu bagaimana cara membuat konten marketing yang diminati masyararakat?
Berikut ini beberapa faktor penentu yang bisa Anda terapkan.
Ciptakan desain web yang menarik
Desain yang menarik dipercaya
bisa menarik minat seseorang untuk berlama-lama di website Anda. Kemudian
ditunjang dengan penampilan gambar dan penataan artikel konten yang rapi. Akan
membuat kesan mendalam kepada pembaca dan akan kembali lagi mengunjungi situs
Anda. Bahkan juga mereferensikan website Anda kepada orang lain.
Terapkan konten multimedia
Selain teks media lain yang bisa
Anda masukan ke dalam website adalah foto, slideshow dan video. Daya tarik
website Anda akan semakin meningkat dengan penerapan banyak media ini.
Jangan terlihat sedang jualan
Penciptaan konten marketing
memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi penjualan. Tapi jangan
membuat artikel yang sangat agresif dalam menawarkan produk Anda. Buatlah
konten yang mengandung nilai edukasi, hiburan dan pemahaman konsumen. Jangan
membuat konten yang sangat terlihat, kalau Anda sebenarnya sedang berjualan.
Pembaca akan enggan melanjutkan membaca konten tersebut.
Menciptakan interaksi dengan pembaca
Sebuah konten marketing yang
sukses, harus melibatkan pembaca. Karenanya mintalah feedback dari pembaca
mengenai konten marketing yang telah dibuat. Sehingg saran dari pembaca bisa menyempurnakan
konten marketing.
Selipkan link artikel lain
Sematkan link konten
menarik lainnya yang berhubungan dengan sebuah konten marketing. Sehingga
pembaca akan mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang bahasan konten Anda.
Teknik ini sangat berguna dalam pemasaran konten yang akan meningkatkan traffic
website atau blog Anda.
Konten mudah dishare kepada pembaca lain
Bila konten Anda dianggap sangat
baik, maka akan berimbas pada membludaknya pengunjung situs Anda. Jangan puas
hanya di situ, terus tingkatkan lagi dengan menyematkan tombol share. Supaya konten
marketing bisa dengan mudah dibagiakan oleh pembaca.
Tombol share yang bisa
Anda sematkan dalam blog, diantaranya Facebook, Twtitter, Google+ dan media
sosial lainnya. Cara ini akan memperluas distribusi konten marketing Anda. Tombol
like juga bisa Anda sematkan, guna mengundang pembaca potensial mengunjungi
situs Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar