Rabu, 22 Oktober 2014

Cara Tepat Memilih Suplier Toko Dropshipping

Penulis Konten Web
Cara Tepat Memilih Suplier Toko Dropshipping
Kesuksesan bisnis dropshipping tidak hanya didukung oleh potongan harga yang diberikan. Bukan juga karena deskripsi produk yang dicantumkan. Karena deskripsi ini biasanya di copy paste oleh ratusan dropshipper lainnya. Sangat disarankan untuk menulis deskripsi produk tersebut, supaya berbeda dengan para pesaing Anda. Bagaimana metode yang tepat dalam memilih suplier toko dropshipping?

Selain itu, stok produk yang melimpah sangat penting. Karena kalau suplier tidak mampu menyediakannya, maka kerugian waktu, tenaga dan biaya akan terbuang sia-sia. Termasuk konsumen Anda yang merasa mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan. Sebelum bisnis dropshipping Anda gulung tikar, ada baiknya berbagai perubahan sangat perlu untuk diterapkan.

Pemikat orang untuk belanja online

Foto produk terbukti menjadi komponen paling penting dalam bisnis online. Kualitas foto produk ini merupakan penunjang utama penjualan. Separuh dari keberhasilan penjualan sangat tergantung pada faktor tersebut. Penelitian yang dikembangkan oleh MDG Advertising membuktikan, kalau sebanyak 67 persen konsumen menyatakan  tampilan foto sangat penting saat akan membeli produk secara online.

Manusia merupakan makhluk visual, sehingga keputusan terbesar untuk membeli produk tertentu tergantung pada visual yang diteruskan ke otaknya. Mengenai foto produk memang dropshipper tidak bisa berbuat banyak, karena foto yang didapatkannya sangat tergantung dari suplier. Sebagai referensi dalam menghadirkan foto produk berkualitas bisa dilihat pada foto produk yang dihadirkan website ternama, seperi Lazada, Lamido, Zalora dan sebagainya.

Kriteria foto produk berkualitas

Mulai dari sekarang pastikan memilih suplier yang menghadirkan foto produk berkualitas. Sehingga bisnis dropshipping yang dikembangkan bisa menemui kesuksesan. Apa saja kriteria dasar dari foto produk yang berkualitas?

Yang  pertama adalah latar belakang harus satu warna. Latar belakang berwarna putih adalah yang sangat sering diaplikasikan. Memang warna ini sangat ideal, karena foto produk dengan latar belakang ini, mampu mengalihkan pandangan untuk fokus melihat produk yang ditawarkan. Selain warna putih, warna hitam dan abu-abu juga bisa diterapkan.

Dengan syarat secara konsisten dilakukan. Jadi kalau satu produk telah menggunakan latar belakang hitam, semua produk lainnya harus menerapkan warna hitam. Jadi kuncinya jangan sampai ada warna lain atau unsur lain pada latar belakang yang akan mengalihkan fokus perhatian pengunjung toko online Anda.

Yang kedua, ukuran foto harus besar dan jelas. Resolusi foto harus tinggi, jadi tetap nampak jelas meskipun memiliki ukuran thumbnail seperti ukuran 90 x 90 piksel atau 150 x 150 piksel. Sedangkan pada tampilan di halaman produk, foto yang beresolusi tinggi ini bisa menyuguhkan detail produk dengan lebih nyata, seperti tampilan tekstur permukaan produk. 

Ukuran foto produk standar yang disematkan pada halaman produk sebaiknya memiliki resolusi 640 x 640 piksel hingga 800 x 8000 piksel. Foto produk yang berukuran kecil dan terlihat kabur sama sekali tidak menarik dan membuat pengunjung urung membeli produk tersebut.

Yang ketiga, memajang produk sebagai objek tunggal. Pastikan produk yang tercantum di dalam foto adalah objek tunggal. Karena kalau produk disertai objek lain, maka akan mengalihkan perhatian orang dari produk yang ditawarkan. Kriteria lain tentunya semakin melengkapi foto produk semakin berkualitas. Tapi setidaknya suplier Anda memiliki ketiga syarat penting tersebut.


Bila memang suplier Anda tidak memiliki foto produk berkualitas, tidak ada salahnya untuk bertindak proaktif dengan menyarankan kepada suplier untuk memperbaiki foto produknya. Kalau setelah itu tidak ada perubahan sesuai keinginan, maka sebaiknya mencari suplier lain yang setidaknya memenuhi kriteria foto produk berkualitas. Jangan sia-siakan trafik tinggi dari website atau blog menjadi sia-sia, karena bergabung dengan suplier dropsipping yang tidak berkualitas.