Cara Tepat Memilih Suplier Toko Dropshipping |
Kesuksesan bisnis dropshipping tidak hanya didukung
oleh potongan harga yang diberikan. Bukan juga karena deskripsi produk yang
dicantumkan. Karena deskripsi ini biasanya di copy paste oleh ratusan
dropshipper lainnya. Sangat disarankan untuk menulis deskripsi produk tersebut,
supaya berbeda dengan para pesaing Anda. Bagaimana metode yang tepat dalam memilih suplier toko dropshipping?
Selain itu, stok produk yang melimpah sangat penting.
Karena kalau suplier tidak mampu menyediakannya, maka kerugian waktu, tenaga
dan biaya akan terbuang sia-sia. Termasuk konsumen Anda yang merasa mendapatkan
pelayanan yang tidak memuaskan. Sebelum bisnis dropshipping Anda gulung tikar,
ada baiknya berbagai perubahan sangat perlu untuk diterapkan.
Pemikat
orang untuk belanja online
Foto produk terbukti menjadi komponen paling penting
dalam bisnis online. Kualitas foto produk ini merupakan penunjang utama
penjualan. Separuh dari keberhasilan penjualan sangat tergantung pada faktor
tersebut. Penelitian yang dikembangkan oleh MDG Advertising membuktikan, kalau
sebanyak 67 persen konsumen menyatakan
tampilan foto sangat penting saat akan membeli produk secara online.
Manusia merupakan makhluk visual, sehingga keputusan
terbesar untuk membeli produk tertentu tergantung pada visual yang diteruskan
ke otaknya. Mengenai foto produk memang dropshipper tidak bisa berbuat banyak,
karena foto yang didapatkannya sangat tergantung dari suplier. Sebagai
referensi dalam menghadirkan foto produk berkualitas bisa dilihat pada foto
produk yang dihadirkan website ternama, seperi Lazada, Lamido, Zalora dan
sebagainya.
Kriteria
foto produk berkualitas
Mulai dari sekarang pastikan memilih suplier yang menghadirkan
foto produk berkualitas. Sehingga bisnis dropshipping yang dikembangkan bisa
menemui kesuksesan. Apa saja kriteria dasar dari foto produk yang berkualitas?
Yang pertama
adalah latar belakang harus satu warna.
Latar belakang berwarna putih adalah yang sangat sering diaplikasikan. Memang
warna ini sangat ideal, karena foto produk dengan latar belakang ini, mampu
mengalihkan pandangan untuk fokus melihat produk yang ditawarkan. Selain warna
putih, warna hitam dan abu-abu juga bisa diterapkan.
Dengan syarat secara
konsisten dilakukan. Jadi kalau satu produk telah menggunakan latar belakang
hitam, semua produk lainnya harus menerapkan warna hitam. Jadi kuncinya jangan
sampai ada warna lain atau unsur lain pada latar belakang yang akan mengalihkan
fokus perhatian pengunjung toko online Anda.
Yang kedua, ukuran
foto harus besar dan jelas. Resolusi foto harus tinggi, jadi tetap nampak
jelas meskipun memiliki ukuran thumbnail seperti ukuran 90 x 90 piksel atau 150
x 150 piksel. Sedangkan pada tampilan di halaman produk, foto yang beresolusi
tinggi ini bisa menyuguhkan detail produk dengan lebih nyata, seperti tampilan
tekstur permukaan produk.
Ukuran foto produk standar yang disematkan pada
halaman produk sebaiknya memiliki resolusi 640 x 640 piksel hingga 800 x 8000
piksel. Foto produk yang berukuran kecil dan terlihat kabur sama sekali tidak
menarik dan membuat pengunjung urung membeli produk tersebut.
Yang ketiga, memajang
produk sebagai objek tunggal. Pastikan produk yang tercantum di dalam foto
adalah objek tunggal. Karena kalau produk disertai objek lain, maka akan
mengalihkan perhatian orang dari produk yang ditawarkan. Kriteria lain tentunya
semakin melengkapi foto produk semakin berkualitas. Tapi setidaknya suplier
Anda memiliki ketiga syarat penting tersebut.
Bila memang suplier Anda tidak memiliki foto produk
berkualitas, tidak ada salahnya untuk bertindak proaktif dengan menyarankan
kepada suplier untuk memperbaiki foto produknya. Kalau setelah itu tidak ada
perubahan sesuai keinginan, maka sebaiknya mencari suplier lain yang setidaknya
memenuhi kriteria foto produk berkualitas. Jangan sia-siakan trafik tinggi dari
website atau blog menjadi sia-sia, karena bergabung dengan suplier dropsipping
yang tidak berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar