Sabtu, 25 Oktober 2014

Pentingnya Meningkatkan Branding Melalui Kemasan Produk

Pentingnya Meningkatkan branding melalui kemasan produk
Meningkatkan branding tidak hanya berlaku untuk produk yang dihasilkan perusahaan besar saja. Karena pengusaha kecil dan menengah harus memperhatikan branding juga. Karena dengan brand yang semakin dikenal masyarakat terutama yang menjadi target pasar, maka bisnis akan semakin berkembang. Salah satu meningkatkan branding adalah dengan mempercantik penampilan kemasan produk. Mengapa desain kemasan produk mampu meningkatkan branding?

Brand semakin dikenal

Kemasan yang menarik menjadikan brand sebuah produk akan lebih mudah diingat. Dengan begitu bisa memunculkan interaksi dengan konsumen. Brand memang kunci penting dalam terciptanya transaksi pembelian, hal itu dikarenakan konsumen lebih setiap pada brand. 

Supaya brand menjadi kuat maka nama brand harus unik supaya orang lebih gampang mengingatnya. Dengan brand yang kuat tidak membutuhkan usaha besar, karena produk tersebut telah menang dalam persaingan di target market.

Kemasan  menarik mampu memikat perhatian konsumen

Produk yang dikemas dengan baik dan menarik terbukti lebih banyak memikat perhatian konsumen. Sehingga cara ini sangat baik diterapkan produk UKM yang ingin menggaet lebih banyak pelanggan setia. Hal ini karena branding yang dibalut kemasan menarik adalah sebuah wujud perusahaan yang profesional dan produk yang berkualitas. 

Menciptakan desain kemasan yang menarik sangat penting dalam keberhasilan sebuah produk. Karena peranan kemasan yang sangat vital bagi sebuah produk, maka sejumlah perusahaan juga mengembangkan riset berkaitan dengan tipe kemasan, desain dan warna yang cocok serta terbukti ampuh bisa memikat konsumen. Jadi merancang kemasan harus dipertimbangkan dengan matang, karena bisa menjadi ujung tombak dalam terjadinya penjualan.

Kemasan menarik kunci penting konsumen membeli sebuah produk

Kemasan dengan brand yang kuat bisa menjadi fasilitator bagi konsumen mengenai keputusan pentingnya untuk membeli produk tersebut atau tidak. Branding dipadu dengan pengemasan yang menarik menjadikan konsumen potensial akan mudah terpikat untuk membeli sebuah produk. 

Jangan lupa cantumkan informasi memadai mengenai produk tersebut di dalam kemasan. Karena informasi singkat tersebut bisa menentukan juga apakah konsumen harus membeli produk tersebut.

Kemasan dan branding berperan penting dalam aktivitas promosi

Promosi sebuah produk sangat ditunjang oleh branding yang kuat dan kemasan yang menarik. Bisa dibayangkan sebuah produk dengan kemasan tidak menarik ditambah lagi tanpa tindakan apapun guna mempromosikannya, pastinya produk tersebut sepi peminat. 

Sehingga angka penjualannya sangat rendah dan tidak sesuai dengan target penjualan yang telah ditetapkan. Dengan promosi yang tepat maka brand sebuah produk agar semakin kuat dan dikenal oleh konsumen. Dengan begitu angka penjualan akan melonjak dan bisnis semakin berkembang.

Kemasan dan branding menjadi pembeda dengan kompetitor

Strategi branding bisa didukung oleh desain kartu nama, branding  interior ruang usaha, desain flyer atau brosur dan membangun website yang menarik. Dengan begitu sebuah produk bisa semakin berbeda dengan produk lainnya terutama bagi produk pesaing. 

Oleh karenanya branding yang dipadukan dengan kemasan harus eye catching, sehingga terlihat jelas adanya perbedaan dengan produk pesaing. Karena dengan menciptakan brand dan kemasan yang bagus memudahkan konsumen dalam menemukan sebuah produk di tengah persaingan produk lainnya.

Memang merancang kemasan atau packaging yang menarik bukan perkara mudah. Tapi bukan berarti penggelut bisnis UKM tidak bisa menciptakannya. Saat ini banyak sekali penyedia jasa pembuatan kemasan produk yang bagus. Jadi bisa menggunakan keahliannya untuk membantu pengusaha kecil menengah menciptakan brand yang kuat sekaligus kemasan yang menawan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar