Jumat, 31 Januari 2014

Strategi Toko Online Supaya Laris Manis

Penulis Konten Web
Strategi Toko Online Supaya Laris Manis
Sudah berapa lama usia toko online Anda? Apakah produk yang Anda tawarkan selalu laris manis diborong konsumen? Kalau belum, pasti ada berbagai faktor yang menghalangi kesuksesan Anda tersebut. 

Mungkin saja permasalahannya pada strategi pemasaran produk yang kurang optimal. Mengingat banyak sekali toko online bertebaran di dunia maya. 

Diantara mereka bisa saja ada yang menjadi kompetitor bisnis Anda yang lebih kreatif dan inovatif dalam penerapan metode pemasaran dan kualitas produknya. 

Karena metode pemasaran yang tepat akan mendongkrak omzet bisnis Anda. Berbagai strategi pemasaran bisa Anda terapkan, diantaranya dalam ulasan berikut. Sebaiknya Anda terapkan semua strategi tersebut, supaya hasilnya lebih optimal menunjang keberhasilan bisnsi Anda.


Social Network atau Jejaring Sosial

Facebook dan Twitter sangat populer di Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia merajai sebagai penggguna terbesar di seluruh dunia. Facebook memiliki berbagai kelebihan, diantaranya fasilitas fanpage, tombol share, like this dan Facebook chat. Fanpage bisa Anda manfaatkan untuk memajang beragam produk bisnis Anda. Tombol share memudahkan Anda mengirim promo produk ke semua jaringan atau daftar teman. Sangat mudah, praktis dan hemat waktu, ketika akan mengupdate produk.

Fitur like this  akan membuat produk Anda banyak dilirik calon konsumen. Semakin banyak orang menekan tombol like tihis, maka poduk Anda semakin populer di dunia maya. Fasilitas Facebook chat memudahkan Anda melakukan komunikasi lebih khusus pada konsumen yang menginginkan banyak penjelasan lebih detail. Fitur tag sebaiknya dihindari, karena membuat sebagaian besar pengguna Facebook tidak nyaman. Tidak sedikit dari mereka akhirnya memilih menghilangkan Anda atau “unfriend” dari daftar kontaknya.

Website Harus Mudah Diakses Melalui 

Handphone

Handphone semakin tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Perkembangan yang pesat membuatnya semakin menjadi andalan dalam memenuhi beragam aktivitas dan kebutuhan, termasuk dalam belanja dan mengakses internet. Maka sangat penting bila toko online Anda harus mudah diakses menggunakan mobile atau handphone.

Beriklan di Direktori Bisnis Online

Berbagai direktori bisnis online bisa Anda manfaatkan dalam mengenalkan toko online. Anda bisa memasang iklan gratis yang memajang produk terbaik Anda.  Semakin banyak iklan yang dipasang di dunia maya, maka semakin mudah konsumen menemukan produk bisnis andalan Anda.

Terapkan Beragam Messenger

Berbagai pilihan messenger bisa Anda terapkan, seperti BBM, Whatsapp, Yahoo Messenger (YM) dan lain sebagainya. Teks, foto dan video bisa Anda kirim dengan mudah untuk memberikan detail penjelasan kepada konsumen. Berbagai messenger ini terbilang gratis dan diminati banyak konsumen dalam berinteraksi.

Membuat Video Streaming

Toko online tak hanya bisa disematkan foto saja. Anda bisa membuat video sederhana mengenai produk bisnis Anda, layaknya iklan di televisi. Durasi video cukup 30 detik hingga satu menit saja, karena jika terlalu berat diakses dan membuat orang jenuh. Jelaskan fitur dan berbagai kelebihan produk Anda dalam video tersebut. Minat membeli konsumen dengan strategi video ini sangat besar. Sehingga sangat sayang bila tidak Anda terapkan dengan optimal.

Teknik Search Engine Optimization (SEO)

Teknik SEO terbukti efektif dalam meningkatkan popularitas dan omzet toko online. Keberhasilan penerapan teknik ini, membuat toko online Anda dibanjiri pengunjung. Sehingga produk anda semakin laris manis terjual. Salah satu teknik SEO yang harus Anda optimalkan adalah posting artikel atau konten yang menarik dan bermanfaat. Supaya pengunjung bisa mendapatkan manfaat lain dari toko online Anda. Misalkan toko online Anda menjual produk madu, Anda bisa membuat artikel mengenai tips memilih madu yang baik, khasiat madu dan lain sebagainya.

Bila Anda tidak mempunyai waktu yang mencukupi dalam pembuatan artikel, bisa memesan pada penyedia jasa Penulis Konten Web terpercaya. Salah satunya adalah penuliskontenweb.blogspot.com. Artikel dijamin lolos copyspace dan enaknya lagi pembayaran sangat fleksibel. Silahkan kunjungi blog tersebut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap. Pesan artikelnya dan Anda cukup fokus padabisnis yang dijalankan. Supaya pelanggan semakin senang berbelanja di toko online Anda.

Location Based Service (LBS)

Daftarkan lokasi bisnis pada situs yang bisa mengakses keberadaan bisnis Anda atau Location Based Service (LBS), seperti FourSquare dan Koprol. Situs ini biasanya digunakan sebagai pendeteksi keberadaan Anda, seperti tempat tinggal, tempat yang sedang didatangi dan bisa diintegrasikan dengan Facebook. Fitur LBS ini bisa Anda manfaatkan dalam menarik konsumen mengunjungi toko Anda. Tebarkan promo menawan, supaya konsumen tertarik mampir ke toko Anda.

User Friendly

Toko online yang sederhana, minimalis dan mudah diakses lebih disukai konsumen. Mereka tidak bingung dan kesulitan dalam menggunakan berbagai fitur. Sehingga pemilihan produk dan transaksi pembelian tidak mengalami hambatan berarti. Toko online yang semrawut dan terlalu banyak gambar membingungkan akan membuat konsumen pergi dari toko online Anda.

Percantik Katalog Produk

Sekitar 75% halaman toko online dimanfaatkan untuk memajang katalog produk. Ciptakan katalog produk disertai penjelasan yang detail. Sehingga konsumen mendapatkan informasi yang cukup mengenai produk tersebut. Pastikan gambar yang ditampilkan menawan konsumen. Gambar yang buram dan tidak menarik akan membuat konsumen kurang tertarik. Desain toko online dengan menarik secara keseluruhan, supaya konsumen betah berlama-lama di toko online Anda. Kemungkinan besar penjualan akan terjadi dalam kondisi ini. Bila Anda ingin menciptakan desain toko online yang menarik, mudah diakses, pilihan fitur lengkap, SEO friendly, harga terjangkau dan kelebihan lainnya, bisa mengandalkan jasa Pembuatan Toko Online terbaik.

Pelayanan Yang Ramah dan Memuaskan

Pelayanan prima sangat disukai konsumen atau pelanggan. Ingatlah bahwa mendapatkan konsumen lebih mudah daripada menjaga mereka tetap menjadi pelanggan setia. Karena itu pelayanan yang ramah dan memuaskan sangat penting. Terkadang masalah harga tidak menjadi utama, bila Anda berhasil memikat hati konsumen dengan layanan yang sabar, ramah dan memuaskan. Pastikan juga pengiriman yang cepat, karena setiap konsumen menyukai layanan tersebut.


Tak heran bila metode ini dipakai semua perusahaan besar. Sayangnya metode ini terkadang tidak diterapkan perusahaan kecil. Ingatlah kalau pembeli adalah raja. Bisnis Anda berkembang atas loyalitas mereka, bukan karena Anda mempunyai produk yang mereka butuhkan. Karena di pasaran kompetisi sangat luar biasa. 

Terapkan layanan purna jual berupa penukaran produk yang rusak atau tidak sesuai. Bahkan pengembalian uang, jika memang pelayanan Anda telah membuat konsumen kecewa. Jangan ragu juga untuk meminta review produk dari konsumen. Sebagai masukan berarti demi pengembangan yang lebih baik.


Untuk membuat toko online profesional mulai harga 75 ribu lihat selengkapnya di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar