Strategi Toko Online Supaya Laris Manis |
Sudah
berapa lama usia toko online Anda? Apakah produk yang Anda tawarkan selalu laris
manis diborong konsumen? Kalau belum, pasti ada berbagai faktor yang menghalangi
kesuksesan Anda tersebut.
Mungkin saja permasalahannya pada strategi pemasaran
produk yang kurang optimal. Mengingat banyak sekali toko online bertebaran di
dunia maya.
Diantara
mereka bisa saja ada yang menjadi kompetitor bisnis Anda yang lebih kreatif dan
inovatif dalam penerapan metode pemasaran dan kualitas produknya.
Karena metode
pemasaran yang tepat akan mendongkrak omzet bisnis Anda. Berbagai strategi
pemasaran bisa Anda terapkan, diantaranya dalam ulasan berikut. Sebaiknya Anda
terapkan semua strategi tersebut, supaya hasilnya lebih optimal menunjang
keberhasilan bisnsi Anda.
Social Network atau Jejaring Sosial
Facebook
dan Twitter sangat populer di Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia merajai
sebagai penggguna terbesar di seluruh dunia. Facebook memiliki berbagai
kelebihan, diantaranya fasilitas fanpage, tombol share, like this dan Facebook
chat. Fanpage bisa Anda manfaatkan untuk memajang beragam produk bisnis Anda. Tombol
share memudahkan Anda mengirim promo produk ke semua jaringan atau daftar teman.
Sangat mudah, praktis dan hemat waktu, ketika akan mengupdate produk.
Fitur
like this akan membuat produk Anda
banyak dilirik calon konsumen. Semakin banyak orang menekan tombol like tihis,
maka poduk Anda semakin populer di dunia maya. Fasilitas Facebook chat
memudahkan Anda melakukan komunikasi lebih khusus pada konsumen yang
menginginkan banyak penjelasan lebih detail. Fitur tag sebaiknya dihindari,
karena membuat sebagaian besar pengguna Facebook tidak nyaman. Tidak sedikit
dari mereka akhirnya memilih menghilangkan Anda atau “unfriend” dari daftar
kontaknya.
Website Harus Mudah Diakses Melalui
Handphone
Handphone
semakin tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Perkembangan yang pesat
membuatnya semakin menjadi andalan dalam memenuhi beragam aktivitas dan
kebutuhan, termasuk dalam belanja dan mengakses internet. Maka sangat penting
bila toko online Anda harus mudah diakses menggunakan mobile atau handphone.
Beriklan di Direktori Bisnis Online
Berbagai
direktori bisnis online bisa Anda manfaatkan dalam mengenalkan toko online.
Anda bisa memasang iklan gratis yang memajang produk terbaik Anda. Semakin banyak iklan yang dipasang di dunia
maya, maka semakin mudah konsumen menemukan produk bisnis andalan Anda.
Terapkan Beragam Messenger
Berbagai
pilihan messenger bisa Anda terapkan, seperti BBM, Whatsapp, Yahoo Messenger
(YM) dan lain sebagainya. Teks, foto dan video bisa Anda kirim dengan mudah
untuk memberikan detail penjelasan kepada konsumen. Berbagai messenger ini
terbilang gratis dan diminati banyak konsumen dalam berinteraksi.
Membuat Video Streaming
Toko
online tak hanya bisa disematkan foto saja. Anda bisa membuat video sederhana
mengenai produk bisnis Anda, layaknya iklan di televisi. Durasi video cukup 30
detik hingga satu menit saja, karena jika terlalu berat diakses dan membuat
orang jenuh. Jelaskan fitur dan berbagai kelebihan produk Anda dalam video
tersebut. Minat membeli konsumen dengan strategi video ini sangat besar.
Sehingga sangat sayang bila tidak Anda terapkan dengan optimal.
Teknik Search Engine Optimization
(SEO)
Teknik
SEO terbukti efektif dalam meningkatkan popularitas dan omzet toko online.
Keberhasilan penerapan teknik ini, membuat toko online Anda dibanjiri
pengunjung. Sehingga produk anda semakin laris manis terjual. Salah satu teknik
SEO yang harus Anda optimalkan adalah posting artikel atau konten yang menarik dan
bermanfaat. Supaya pengunjung bisa mendapatkan manfaat lain dari toko online Anda.
Misalkan toko online Anda menjual produk madu, Anda bisa membuat artikel
mengenai tips memilih madu yang baik, khasiat madu dan lain sebagainya.
Bila
Anda tidak mempunyai waktu yang mencukupi dalam pembuatan artikel, bisa memesan
pada penyedia jasa Penulis Konten Web
terpercaya. Salah satunya adalah penuliskontenweb.blogspot.com. Artikel dijamin
lolos copyspace dan enaknya lagi pembayaran sangat fleksibel. Silahkan kunjungi
blog tersebut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap. Pesan artikelnya
dan Anda cukup fokus padabisnis yang dijalankan. Supaya pelanggan semakin
senang berbelanja di toko online Anda.
Location Based Service (LBS)
Daftarkan
lokasi bisnis pada situs yang bisa mengakses keberadaan bisnis Anda atau Location
Based Service (LBS), seperti FourSquare
dan Koprol. Situs ini biasanya digunakan sebagai pendeteksi keberadaan Anda,
seperti tempat tinggal, tempat yang sedang didatangi dan bisa diintegrasikan
dengan Facebook. Fitur LBS ini bisa Anda manfaatkan dalam menarik konsumen
mengunjungi toko Anda. Tebarkan promo menawan, supaya konsumen tertarik mampir
ke toko Anda.
User Friendly
Toko online yang sederhana, minimalis dan mudah diakses lebih disukai
konsumen. Mereka tidak bingung dan kesulitan dalam menggunakan berbagai fitur.
Sehingga pemilihan produk dan transaksi pembelian tidak mengalami hambatan
berarti. Toko online yang semrawut dan terlalu banyak gambar membingungkan akan
membuat konsumen pergi dari toko online Anda.
Percantik
Katalog Produk
Sekitar
75% halaman toko online dimanfaatkan untuk memajang katalog produk. Ciptakan katalog produk disertai penjelasan yang
detail. Sehingga konsumen mendapatkan informasi yang cukup mengenai produk
tersebut. Pastikan gambar yang ditampilkan menawan konsumen. Gambar yang buram
dan tidak menarik akan membuat konsumen kurang tertarik. Desain toko online
dengan menarik secara keseluruhan, supaya konsumen betah berlama-lama di toko
online Anda. Kemungkinan besar penjualan akan terjadi dalam kondisi ini. Bila
Anda ingin menciptakan desain toko online yang menarik, mudah diakses, pilihan
fitur lengkap, SEO friendly, harga terjangkau dan kelebihan lainnya, bisa
mengandalkan jasa Pembuatan Toko Online
terbaik.
Pelayanan Yang Ramah dan Memuaskan
Pelayanan
prima sangat disukai konsumen atau pelanggan. Ingatlah bahwa mendapatkan
konsumen lebih mudah daripada menjaga mereka tetap menjadi pelanggan setia. Karena
itu pelayanan yang ramah dan memuaskan sangat penting. Terkadang masalah harga
tidak menjadi utama, bila Anda berhasil memikat hati konsumen dengan layanan
yang sabar, ramah dan memuaskan. Pastikan juga pengiriman yang cepat, karena
setiap konsumen menyukai layanan tersebut.
Tak
heran bila metode ini dipakai semua perusahaan besar. Sayangnya metode ini terkadang
tidak diterapkan perusahaan kecil. Ingatlah kalau pembeli adalah raja. Bisnis
Anda berkembang atas loyalitas mereka, bukan karena Anda mempunyai produk yang
mereka butuhkan. Karena di pasaran kompetisi sangat luar biasa.
Terapkan layanan
purna jual berupa penukaran produk yang rusak atau tidak sesuai. Bahkan
pengembalian uang, jika memang pelayanan Anda telah membuat konsumen kecewa. Jangan
ragu juga untuk meminta review produk dari konsumen. Sebagai masukan berarti
demi pengembangan yang lebih baik.
Untuk membuat toko online profesional mulai harga 75 ribu lihat selengkapnya di sini
Untuk membuat toko online profesional mulai harga 75 ribu lihat selengkapnya di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar