Minggu, 26 Januari 2014

Menyingkirkan Writer’s Block Saat Menulis

Menyingkirkan Writer’s Block Saat Menulis

Pernakah Anda mendengar istilah Writer’s Block? Bagi penulis profesional dan berpengalaman tentunya memahami kondisi ini. Writer’s Block adalah kondisi dimana Anda akan merasa kehilangan ide dalam aktivitas menulis. Seakan pikiran Anda terhalangi dinding tebal yang membuat Anda merasa tidak bisa lagi menulis saat itu. 

Sebenarnya writer’s block ini kerap dialami siapa saja, meskipun Anda memiliki jam terbang menulis yang tinggi. Lalu bagaimana mengatasi kondisi ini? Supaya huruf-huruf di layar komputer Anda bisa tersusun rapi menjadi sebuah artikel yang menarik.

Kuasai segala pengetahuan sesuai bidang favorit Anda

Menulis memang membutuhkan konsentrasi, pemahaman gagasan dan keahlian khusus. Bila ketiga hal itu tidak bisa Anda kuasai, pikiran dan tangan Anda tidak bisa terintegrasi menciptakan artikel yang berkualitas. 

Anda dituntut bisa bekerja secara multitasking untuk mengalirkan ide ke dalam lembaran putih di layar komputer. Jam terbang memang sangat dibutuhkan, dalam artian semakin sering membuat karya tulisan. Maka semakin sempurna karya yang bisa Anda ciptakan.

Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Sehingga bila Anda ingin menciptakan artikel yang berkualitas tinggi, harus rajin mengasah pengetahuan dengan sering membaca berbagai sumber. Karena apa yang tersimpan di dalam otak Anda akan menjadi modal atau pondasi penting dalam menuangkan kata-kata yang terangkai indah menjadi sebuah artikel. 

Biasanya gaya penulisan Anda juga bisa terpengaruh oleh gaya penulisan penulis favorit Anda. Hal ini tidak menjadi masalah, karena dengan berjalannya waktu Anda bisa menemukan gaya tulisan sendiri. Yang bisa menjadi ciri khas tulisan Anda.

Sebaiknya Anda kuasai salah satu bidang favorit sedalam-dalamnya. Sehingga Anda merasa ahli dalam urusan atau bidang tersebut. Hal ini akan mematangkan ilmu dan pengetahuan Anda. Pemilihan bidang yang tepat dan sesuai akan memudahkan dalam pencarian referensi dan memahaminya. Jadi penting sekali menjadi mahir di bidang yang Anda senangi. Sehingga orang atau pembaca menaruh kepercayaan dan menganggap Anda sebagai orang yang ahli di bidang tersebut.

Menulis Tanpa Mengedit

Bila sudah ada gambaran tentang sebuah ide tulisan, segera tuangkan gagasan tersebut. Jangan sampai ide menarik tersebut menguap. Jika Anda mengalami keterbatasan waktu, catatlah berbagai poin ide atau gagasan Anda dalam secarik kertas atau layar handphone. 

Tips ini sangat penting, karena manusia mempunyai sifat dasar sebagai pelupa. Bila Anda sudah siap di depan komputer, Anda bisa menuangkan ide menarik tersebut. Jika lupa, tinggal membuka catatan yang telah dibuat tadi.

Salah satu cara memerangi Writer’s Block adalah dengan menulis tanpa mengedit, ketika sedang dalam pengerjaan. Editlah tulisan Anda, setelah dirasa tulisan telah cukup dan harus diakhiri. Cara ini terbukti bisa mengatasi menulis tanpa mengedit Writer’s Block yang kerap menyerang penulis. 

Biarkan rangkaian huruf Anda tersusun dan mengalir dengan alami. Tanpa Anda hentikan dengan memikirkan urusan editan tulisan. Strategi ini terbukti efektif dan kerap dijadikan jurus andalan para penulis.

Menuangkan tulisan dalam sebuah blog atau website

Hobi menulis Anda bisa menjadi profesi yang menarik. Penghasilan yang dihasilkan tergantung dari kualitas dan nama besar Anda. Semakin berkualitas dan populer nama Anda, maka semakin mahal tulisan akan dihargai. Berbagai media bisa Anda gunakan sebagai publikasi karya tulisan Anda. 

Salah satunya dengan menjadi penulis di berbagai media online. Pergeseran kebiasaan orang dalam mencari informasi dengan mengakses internet, membuat banyak website membutuhkan tulisan berkualitas.

Berbagai tema tulisan bisa Anda ciptakan sesuai dengan minat Anda. Tema tulisan yang bisa Anda terapkan, diantaranya kesehatan, bisnis, sastra, traveling, otomotif, gadget, komputer, pendidikan, gaya hidup dan lain sebagainya. 

Konsistensi dan produktivitas Anda dalam menciptakan karya berkualitas akan disukai pengelola website. Dalam tahapan tersebut, justru Anda tidak pelru repot menawarkan karya Anda, karena mereka justru yang meminta Anda untuk menjadi kontributor tetap dalam websitenya.

Jika Anda berniat menjadi Penulis Konten Web profesional bisa mengakses penuliskontenweb.blogspot.com. Kirimkan karya Anda sepanjang 500 kata dengan tema bebas dan sertakan Curiculum Vitae (CV) lengkap ke email yang telah tersedia. Kualitas dan kecepatan tulisan artikel Anda, akan menentukan kinerja Anda.

Jika Anda tidak mau terjun ke dalam dunia penulis profesional, Anda juga bisa mempublikasikan tulisan Anda di website atau blog pribadi. Karena milik pribadi, Anda mempunyai keleluasaan dalam memilih tema sesuai minat dan pengetahuan Anda. Jumlah artikel yang bisa Anda publikasikan juga tidak terbatas. 

Jangan lupa gunakan desain website yang menarik, lay out tulisan yang rapi, enak dilihat dan dibaca. Sehingga pembaca atau pengunjung blog merasa nyaman dan bisa menimba banyak ilmu dari blog Anda. Anda juga bisa menyewa Jasa PembuatanWebsite, bila menginginkan desain website yang lebih menarik dan profesional.