6 Tips Sukses Dalam Bisnis Online |
Penghasilan
e-commerce di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2013 tercatat
13 triliun rupiah dari transaksi bisnis e-commerce. Sehingga di tahun-tahun
berikutnya diprediksikan angka tersebut akan semakin besar. Mengingat pengguna
internet yang semakin bertambah dan tren belanja online yang semakin populer.
Mungkin tidak semua pebisnis online menikmati kesuksesan ini, lalu bagaimana
cara tepat untuk bisa sukses dalam
bisnis online?
Memang kalau
dilihat dari angka yang terbilang besar itu, Indonesia masih terbilang kalah
dengan negara lainnya. Karena di negara tersebut kualitas dan kuantitas online
marketing-nya telah maju, sangat jauh dibandingkan di tanah air. Oleh karenanya
kalau pebisnis tanah air tidak segera berbenah, maka siap-siap saja akan
tersingkir dari dunia bisnis online. Karena persaingan di sektor bisnis ini
semakin ketat.
Tapi kalau
segera mengembangkan diri maka persaingan ketat itu bisa diatasi dengan baik. Apa
saja yang bisa Anda terapkan untuk tetap eksis dan terus menikmati kesuksesan
di bisnis online?
1.
Tentukan
target pasar yang jelas
Bisnis online
bisa menjangkau semua kalangan, sehingga jangkauan bisnis ini tidak terbatas. Oleh karenanya pebisnis online harus cermat
dalam menjaring dan melakukan identifikasi target pasar dengan jelas, agar
sesuai dengan produk yang ditawarkan. Anda harus mempelajari segala hal yang
berkaitan dengan peta pemasaran. Dengan begitu strategi pemasaran yang
diterapkan akn lebih efektif dan efisien.
2.
Berikan Konten
berkualitas
Konten web
yang berkualitas selain sebagai informasi bagi pengunjung, juga menjadi penakar
kualitas bisnis Anda. Konten ini bisa terdiri dari artikel atau teks, gambar, video
dan lain sebagainya. Konten yang menarik dan bermanfaat akan membuat pengunjung
kembali datang. Terapkan bahasa yang menjadi ciri khas konten web Anda. Dan
sangat penting untuk selalu rutin memosting artikel atau konten terbaru.
Sehingga pengunjung akan selalu menemukan informasi terbaru dari web Anda.
Beragam artikel
yang disajikan bisa berkaitan seputar hal yang berkaitan dengan produk Anda.
Semisal bisnis online Anda memasarkan jilbab, maka bisa memberikan artikel cara
merawat jilbab, tutorial memakai jilbab dan sebagainya. Selain itu Anda juga
bisa menjelaskan kelebihan jilbab yang ditawarkan. Sehingga banyak hal yang bisa
didapatkan oleh pengunjung saat mengakses web atau blog bisnis Anda.
Jika terlalu
sibuk atau tidak punya waktu untuk menulis artikel berkualitas, solusi terbaik
adalah memesan artikel dari jasa PenulisKonten Web yang terpercaya dan bergaransi. Dengan begitu Anda bisa lebih
fokus untuk menjalankan pelayanan bisnis kepada para pelanggan setia dan
menjaring konsumen baru.
3.
Terapkan web
yang responsif
Sebagian besar
konsumen dari bisnis online datang dari
pemakai ponsel pintar. Sehingga web yang digunakan harus nyaman dan responsif
saat diakses melalui perangkat smartphone. Sehingga segala kebutuhan dan
interaksi dengan konsumen bisa berjalan semakin lancar.
4.
Ajak konsumen
untuk menjadi pelanggan setia
Terapkan
aplikasi yang mengajak konsumen agar bisa memperoleh informasi konten, artikel,
berita produk baru dan hal bermanfaat lainnya. Bisa juga dengan menerapkan
aplikasi yang bisa memantau dengan berkala mengenai model konten yang lebih
digemari konsumen (subscriber) dan juga yang tidak digemari.
5.
Optimalisasi
teknik SEO
Teknik SEO sangatlah penting dalam bisnis online, karena sangat mendukung infrastruktur
dasar, keamanan dan kecepatan situs. Dengan penerapan teknik ini secara tepat, maka
akan meningkatkan traffic pengunjung ke website bisnis. Sehingga sangat
membantu dalam meningkatkan kredibilitas produk atau brand dan juga penjualan
produk. Teknik SEO juga sangat membantu agar website tampil pada urutan teratas
di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing.
6.
Pahami dan
praktekkan ilmu copywriting
tawarkan
produk yang membuat orang ingin membeli dan terus memesan kembali atau repeat
order. Untuk menunjang promosi bisnis online bisa menggunakan teks, gambar dan
juga video. Berikan ikon atau ciri khas dari produk atau brand, sehingga
menjadi identitas bagi produk bisnis tersebut.
Baca juga 7 Kiat Sukses Bisnis Online
Baca juga 7 Kiat Sukses Bisnis Online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar