Selasa, 11 November 2014

6 Tips Sukses Dalam Bisnis Online

6 Tips Sukses Dalam Bisnis Online
Penghasilan e-commerce di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2013 tercatat 13 triliun rupiah dari transaksi bisnis e-commerce. Sehingga di tahun-tahun berikutnya diprediksikan angka tersebut akan semakin besar. Mengingat pengguna internet yang semakin bertambah dan tren belanja online yang semakin populer. Mungkin tidak semua pebisnis online menikmati kesuksesan ini, lalu bagaimana cara tepat untuk bisa sukses dalam bisnis online?


Memang kalau dilihat dari angka yang terbilang besar itu, Indonesia masih terbilang kalah dengan negara lainnya. Karena di negara tersebut kualitas dan kuantitas online marketing-nya telah maju, sangat jauh dibandingkan di tanah air. Oleh karenanya kalau pebisnis tanah air tidak segera berbenah, maka siap-siap saja akan tersingkir dari dunia bisnis online. Karena persaingan di sektor bisnis ini semakin ketat.

Tapi kalau segera mengembangkan diri maka persaingan ketat itu bisa diatasi dengan baik. Apa saja yang bisa Anda terapkan untuk tetap eksis dan terus menikmati kesuksesan di bisnis online?

1.       Tentukan target pasar yang jelas

Bisnis online bisa menjangkau semua kalangan, sehingga jangkauan bisnis ini tidak terbatas.  Oleh karenanya pebisnis online harus cermat dalam menjaring dan melakukan identifikasi target pasar dengan jelas, agar sesuai dengan produk yang ditawarkan. Anda harus mempelajari segala hal yang berkaitan dengan peta pemasaran. Dengan begitu strategi pemasaran yang diterapkan akn lebih efektif dan efisien.

2.       Berikan Konten berkualitas

Konten web yang berkualitas selain sebagai informasi bagi pengunjung, juga menjadi penakar kualitas bisnis Anda. Konten ini bisa terdiri dari artikel atau teks, gambar, video dan lain sebagainya. Konten yang menarik dan bermanfaat akan membuat pengunjung kembali datang. Terapkan bahasa yang menjadi ciri khas konten web Anda. Dan sangat penting untuk selalu rutin memosting artikel atau konten terbaru. Sehingga pengunjung akan selalu menemukan informasi terbaru dari web Anda.

Beragam artikel yang disajikan bisa berkaitan seputar hal yang berkaitan dengan produk Anda. Semisal bisnis online Anda memasarkan jilbab, maka bisa memberikan artikel cara merawat jilbab, tutorial memakai jilbab dan sebagainya. Selain itu Anda juga bisa menjelaskan kelebihan jilbab yang ditawarkan. Sehingga banyak hal yang bisa didapatkan oleh pengunjung saat mengakses web atau blog bisnis Anda.

Jika terlalu sibuk atau tidak punya waktu untuk menulis artikel berkualitas, solusi terbaik adalah memesan artikel dari jasa PenulisKonten Web yang terpercaya dan bergaransi. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus untuk menjalankan pelayanan bisnis kepada para pelanggan setia dan menjaring konsumen baru.

3.       Terapkan web yang responsif

Sebagian besar konsumen dari bisnis online  datang dari pemakai ponsel pintar. Sehingga web yang digunakan harus nyaman dan responsif saat diakses melalui perangkat smartphone. Sehingga segala kebutuhan dan interaksi dengan konsumen bisa berjalan semakin lancar.

4.       Ajak konsumen untuk menjadi pelanggan setia

Terapkan aplikasi yang mengajak konsumen agar bisa memperoleh informasi konten, artikel, berita produk baru dan hal bermanfaat lainnya. Bisa juga dengan menerapkan aplikasi yang bisa memantau dengan berkala mengenai model konten yang lebih digemari konsumen (subscriber) dan juga yang tidak digemari.

5.       Optimalisasi teknik SEO

Teknik SEO sangatlah penting dalam bisnis online, karena sangat mendukung infrastruktur dasar, keamanan dan kecepatan situs.  Dengan penerapan teknik ini secara tepat, maka akan meningkatkan traffic pengunjung ke website bisnis. Sehingga sangat membantu dalam meningkatkan kredibilitas produk atau brand dan juga penjualan produk. Teknik SEO juga sangat membantu agar website tampil pada urutan teratas di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing.

6.       Pahami dan praktekkan ilmu copywriting


tawarkan produk yang membuat orang ingin membeli dan terus memesan kembali atau repeat order. Untuk menunjang promosi bisnis online bisa menggunakan teks, gambar dan juga video. Berikan ikon atau ciri khas dari produk atau brand, sehingga menjadi identitas bagi produk bisnis tersebut.

Baca juga 7 Kiat Sukses Bisnis Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar