Selasa, 11 November 2014

Jenis Dan Mekanisme Kerja Affiliate Marketing

Jenis Dan Mekanisme Kerja Affiliate Marketing
Jenis Dan Mekanisme Kerja Affiliate Marketing
Metode pemasaran produk melalui internet semakin bervariasi, sehingga memudahkan dalam penjualan. Salah satunya adalah metode affiliate marketing. Meskipun Anda tidak memiliki produk tetap bisa menghasilkan uang yang melimpah dari metode affiliate marketing. Apa saja jenis dan mekanisme kerja affiliate marketing?

Sekilas  affiliate marketing

Affiliate marketing  merupakan metode pemasaran dengan cara membantu memasarkan produk orang lain secara online. Metode ini dipopulerkan oleh Amazon sejak tahun 1994. Masyarakat yang sangat antusias saat ini membantu dalam memajukan bisnis Amazon hingga saat ini. Saat ini semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini untuk memasarkan buku, elektronik, tiket online, ebook, obat herbal, kosmetik dan sebagainya.

Mekanisme kerja affiliate marketing

Terdapat tiga pihak yang terlibat di dalam sistem affiliate marketing ini, yaitu produser, publisher atau affiliate marketer dan affiliate network.

1.       Produser
Pihak ini yang menciptakan produk yang akan dipasarkan oleh affiliate marketer. Produser akan memberikan bagi hasil dalam nominal tertentu dengan prosentase tertentu bisa 10%, 20%, 50% dan sebagainya dari nilai jual produk.

2.       Publisher atau affiliate markerter
Pihak ini yang memasarkan produk yang diluncurkan produser. Publisher pada umumnya harus memiliki website atau blog yang bermanfaat untuk menyematkan link atau banner produk affilate. Publisher akan berusaha mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke blognya, agar penawaran produk bisa dilihat banyak orang. Sehingga meningkatkan penjualan produk tersebut. Publisher juga biasanya menambahkan teknik lain berupa email marketing, jejaring sosial, iklan, teknik SEO dan sebagainya. Setiap penjualan yang terjadi melalui link dan banner publisher, maka kan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan sebelumnya.

3.       Affiliate Network
Affiliate Network merupakan tempat bertemunya affiliate marketer dengan produser. Oleh karenanya tempat ini kerap dinamakan marketplace. Affiliate Network merupakan pihak yang mempunyai sistem dan teknologi yang memudahkan affiliate marketer memasarkan produk dari produser. Pihak Affiliate Network juga yang memberikan komisi pada affiliate marketer dan hasil penjualan kepada produser.

Jenis Affiliate Marketing

Setidaknya terdapat tiga jenis affiliate marketing yang sering dijumpai.

1.       Pay Per Sales
Affiliate marketer akan memperoleh komisi per produk yang terjual. Sebagian besar affiliate marketing menerapkan jenis ini. Komisi biasanya dari 5% hingga 50%, bahkan ada pula yang sampai 75%. Dengan begitu keuntungan yang didapat affiliate marketer lebih besar daripada produser.

2.       Pay Per Click
Affiliate marketer akan memperoleh komisi per klik link yang dilakukan pengunjung blog. Link yang disematkan oleh affiliate marketer dalam blognya ini akan diarahkan pada website produser. Sehingga pengunjung blog dan pembeli semakin meningkat.

3.       Pay Per Leads

Biasanya dikenal juga dengan Pay Per Performance atau Pay Per Action. Konsepnya hampir sama dengan Pay Per Sales, bedanya meskipun pengunjung tidak membeli, affiliate marketer tetap mendapatkan komisi. Umumnya pengunjung hanya akan diminta melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftarkan email dan sebagainya.

Cara melonjakkan hasil affiliate marketing, bisa baca Strategi Agar Komisi Affiliate Terus Melonjak